JANGAN NAGIH HUTANG BELUM GAJIAN



Banyak permasalahan yang di hadapi orang jaman sekarang namun lupa dengan apa yang di perintah Allah T'ala, gaya hidup yang penuh saingan, ingin mewah, ingin sukses, ingin tercapai dalam kehidupannya, sampai utang sana sini, memakan riba, korupsi di lakukannya, namun kehidupannyan semakin susah tiada kenikmatan, di kejar kejar utang sana sini, ujung ujung nya depresi dan si jin di salahkan karena merasuki dalam jiwanya, padahal kesalahan utama memank dari mereka sendiri jauh dari perintah Allah dan sunnah Rasulullah.

Dan bagaimana caranya agar hidup penuh kebahagian? Maka saya uraikan beberapa dalil dan contoh dari Rasulullah, siapa yang melakukannya insya Allah Allah akan menjamin nya hidup di dunia dan akhirat akan menemukan kebahagian, walau kita sederhana namun hidup penuh kebahagiaan tanpa punya hutang di sana sini, coba kita simak dalam hadist nya Rasulullah ini ,,,,

Adapun dalil yang menunjukkan keutamaan shalat sunnah qobliyah Shubuh adalah hadits dari 'Aisyah di mana Nabi shallallahu' alaihi wa sallam bersabda,

ركعتا الفجر خير من الدنيا وما فيها

"Dua rakaat fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik dari dunia dan seisinya." (HR. Muslim no. 725). Jika keutamaan shalat sunnah fajar saja demikian adanya, bagaimana lagi dengan keutamaan shalat Shubuh itu sendiri.

Dalam lafazh lain, 'Aisyah berkata bahwa Nabi shallallahu' alaihi wa sallam berbicara tentang dua raka'at ketika telah terbih fajar shubuh,

لهما أحب إلى من الدنيا جميعا

"Dua rakaat shalat sunnah fajar lebih kucintai dari dunia seluruhnya" (HR. Muslim no. 725).

Hadits terakhir di atas juga menunjukkan bahwa shalat sunnah fajar yang dimaksud adalah ketika telah terbit fajar shubuh. Karena sebagian orang keliru memahami shalat sunnah fajar dengan mereka maksudkan untuk dua raka'at ringan sebelum masuk fajar. Atau ada yang membedakan antara shalat sunnah fajar dan shalat sunnah qobliyah shubuh. Ini jelas keliru. Imam Nawawi mengatakan,

أن سنة الصبح لا يدخل وقتها إلا بطلوع الفجر, واستحباب تقديمها في أول طلوع الفجر وتخفيفها, وهو مذهب مالك والشافعي والجمهور

"Shalat sunnah Shubuh tidaklah dilakukan kecuali setelah terbit fajar Shubuh. Dan dianjurkan shalat tersebut dilakukan di awal waktunya dan dilakukan dengan diperingan. Demikian pendapat Imam Malik, Imam Syafi'i dan jumhur (baca: mayoritas) ulama." (Syarh Shahih Muslim, 6: 3).

Dan ini tips kita agar hidup bahagia tanpa punya utang

(1). Shalat.

Perbaiki dan tingkatkan shalat kita. Yg biasa asal ngerjainnya, coba lakukan awal waktu. Yg biasa cuma wajibnya, tambahin dgn qobliyah dan bakdiyah-nya (sebelum dan sesudah shalat wajib).

(2). Kerjakan Shalat Dhuha.

Minimal 4 rakaat, bisa lebih rakaatnya itu lebih bagus.

(3). Kerjakan Shalat Tahajjud.

Karena tahajjud ini merupakan dasar dan inti dari ibadah shalat kita dan merupakan tingkatan tertinggi hubungan kita dgn Allah.

Dan panjatkan doa dan hajat kita di 1/3 malam terakhir ini, karena di 1/3 malam terakhir Allah langsung turun ke bumi dan senang melihat hamba-hambaNya yg mau bangun dan melakukan shalat dan kemudian berdoa.

(4). Sedekah yg nendang.

Artinya sedekah yg besar, yg sekitar kalau dikasih ke orang lain, orang itu akan kaget menerimanya karena diluar dugaan. Kalau sedekah yg kecil ibarat kita mau memancing ikan paus pakai umpan cacing ... mana mungkin bisa?

(5). Baca Al-Qur'an.

Berikut pahami maksud dan isi surat atau ayat yg kita baca itu.

{6}, Kerja keras. Bekerjalah sebagaima dan sesui ke ahlian saudara sehingga menemukan keberhasilan

Lakukan dgn sungguh-sungguh, Insya Allah hari hari ke depan terjawab sudah doa kita ... Moga kita semakin semangat beramal sholih. Hanya Allah-lah yang memberi taufik.

Aamiiin.

Comments

Popular posts from this blog

TINGGALKAN SEGALA TRADISI YANG SYIRIK.

PENGALAMAN BERSETUBUH DENGAN JIN

REAKSI MUNTAH DARAH SAAT DIRUQYAH