Bakteri dan Virus Bawaan Jin


Bakteri dan Virus Bawaan Jin

=========================

Ustad Musdar Bustamam Tambusai

Dapat postingan bahwa garam dapat membersihkan bakteri dan virus yg dibawa oleh jin masuk ke dalam tubuh manusia...
Ada beberapa masalah yg perlu dipersoalkan disini :
1. Garam Anti Jin
2. Jin Menyebarkan Bakteri dan Virus

==============

Dulu saya percaya bahwa gangguan jin boleh diatasi dengan bantuan garam seperti meminumkan air garam kpd pasien agar jin keluar dari tubuhnya.

Setelah saya baca hadits penggunaan garam dalam ruqyah, ternyata penggunaannya untuk gangguan binatang berbisa. Apakah nalar saya yg pendek atau ada interpretasi lain dari bintang berbisa spt kalajengking menjadi gangguan jin. Wallahu a'lam.

Akhirnya saya memang tidak lagi menggunakan garam kecuali untuk tujuan memudahkan pasien muntah. Lainnya tidak.
*****

Saya baru tahu pula kalau jin dapat menyebarkan virus dan bakteri ke dalam tubuh manusia. Itu interpretasi atau latah?

Setahu saya, Syaikh Muhammad Abduh menafsirkan jin sebagai bentuk lain dari bakteri, virus dan mikroba. Beliau kurang begitu jelas memaknai jin dalam artian "makhluk ghaib" yg kita kenal. Itu bagian dari rasionalitas beliau sbg ulama yg berpikir logik.

Secara bahasa (lughawi), interpretasi (penafsiran) jin menjadi bakteri atau virus yg sangat halus dan tidak kelihatan dgn mata telanjang, sah-sah saja. Krn makna jin secara etimologi adalah istitaar atau ijtinaan yakni tersembunyi atau tertutup.

Bakteri dan sejenisnya memang termasuk makhluk yg tersembunyi dan halus.

Nah, ketika jin disebut-sebut sbg pembawa bakteri dan virus, saya nggak berani lancang karena ini persoalan ghaib. Kalau soal kemungkinan, boleh-boleh saja...

======
Wallahu a'lam.

Comments

Popular posts from this blog

TINGGALKAN SEGALA TRADISI YANG SYIRIK.

PENGALAMAN BERSETUBUH DENGAN JIN

REAKSI MUNTAH DARAH SAAT DIRUQYAH