CARA MEMBUAT BAWANG HITAM

Cara Membuat Bawang Hitam

Jangan heran mendengar bawang hitam. Karena biasa yang didengar adalah bawang putih dan bawang merah. Sebenarnya bawang hitam itu sendiri memanglah bukan jenis baru dari bawang, melainkan memang bawang putih yang diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan bawang hitam. Bawang putih bukanlah bawang yang didapat secara alami. namun bawang hitam sudah dibuat oleh campur tangan manusia. Dan khasiat dari bawang hitam itu sendiri juga bermanfaat baik dalam membantu mengobati penyakit kanker, sehingga membuat nama dari bawang hitam ini semakin terkenal.

Cara Membuat bawang hitam sendiri sebenarnya tidak sulit, hanya saja membutuhkan kesabaran pada saat proses pembuatannya. Pembuatan Black Garlic membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 80 hari. Namun dalam prakteknya, proses fermentasi bisa dipersingkat yaitu hanya 40 hari saja. Memang , cara tersebut hasilnya akan sangat berbeda dengan yang diproses selama 80 hari.

Cara fermentasi bawang putih untuk menjadi black garlic atau bawang hitam adalah dengan memasuk kan bawang putih pada mangkuk stainless dan menutupnya dengan kertas alumunium foil, kemudian mangkuk ini diletakkan dalam oven dan dipanggang dengan suhu antara 25 – 30 derajat selsius selama 40 hari atau 80 hari. Kita harus melakukan pengecekan setiap 4 atau 5 hari sekali untuk mencegah terjadinya perubahan suhu.
Cara lain, pembuatan black garlic dengan menggunakan magiccom yang dicolokkan ke listrik selama 24 jam selama minimal 40 hari, sebagian orang takut karena resiko konsleting listrik.

Cara Membuat bawang hitam Tradisional

1. Pertama pilih bawang putih yang mulus dan segar.
2. Siapkan Wajan tebal/teflon serba guna
3. Beri alas dandang, yang berlobang lobang
4. Susun bawang putih di atas alas dandang yang di letakkan di dasar wajan.
5. Tutup wajan, masak 30-60 menit pakai api lilin/api paling kecil, tiap hari selama 20 hari
Setelah 10 hari bawang sudah berubah menjadi coklat, 15 hari makin gelap, 20 hari sudah menjadi hitam. Jika mau bersabar tunggu sampai 40 hari. Jika sudah hitam, letakkan bawang di tempat yang kering,hindari sinar matahari, setelah 20-40hari, sudah bisa di konsumsi.Namun bila ingin menghasilkan khasiat yang maksimal membutuhkan kesabaran pengolahan dilakukan sampai 80 hari.

Di Korea, bawang putih hitam dikembangkan sebagai produk herbal dan dianggap sebagai makanan suplemen kesehatan tambahan. Black Garlic sebagai makanan yang kaya antioksidan biasanya ditambahkan ke minuman energi , dan di Thailand, bawang putih hitam ini diklaim dapat meningkatkan umur panjang.
Tidak hanya untuk konsmsi kesehatan, di dalam masakan seperti menu di restoran terkenal sudah mulai ada yang menyajikan menu pakai black garlic ini. Restoran china Pearl Chinese Restaurant yang berlokasi di lantai 2 Hotel JW Marriott Jakarta, menyediakan menu menggunakan black garlic.

Bawang putih adalah bahan anti kanker, maka black Garlic mempunyai kelebihan 10 kali lipat dari khasiat bawang putih biasa. Begitu juga dengan penyakit lain, dimana khasiat 10 kali lipat dalam Black Garlic juga sangat berguna untuk untuk kesehatan.Namun demikian, black garlic tidak baik di konsumsi untuk Orang yang alergi bawang putih, orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat serta orang yang sedang Migrain.

MANFAAT BAWANG LANANG HITAM QHI INSYA ALLAH :

1. Bawang hitam Membantu mengobati penyakit kolesterol, hipertensi, penyakit myom, tumor, dan kanker
2. Bawang hitam untuk awet muda, anti penuaan dini, membuat kulit lebih cantik, dan membersihkan darah
3. Bawang hitam mengatasi penyakit kronis yang berhubungan pada organ paru-paru seperti asma, batuk, dan sesak bafas.
4. Bawang hitam membantu mencegah penyakit stroke dan serangan jantung
5. Bawang hitam membantu memperbaiki sistem pencernaan, dan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun.
6. Bawang hitam membantu mengurangi gejala parkinson.
7. Bawang hitam membantu mengatasi penyakit diabetes dengan cara mengkawal glukosa didalam darah dan membantu meningkatkan hormon insulin.
8. Bawang hitam membantu mengeluarkan dan membuang logam berat didalam tubuh seperti merkuri, dll.
9. Bawang hitam membantu mencegah penyakit alzheimer.
10. Bawang hitam membantu memperbaiki sel didalam hati
11. Bawang hitam membantu meredakan nyeri sendi atau arthritis
12. Bawang hitam membantu memelihara kesehatan tubuh
13. Membantu meningkatkan libido dll
Tidak baik untuk
1. Orang yang alergi bawang putih
2. Orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat

sumber : dari berbagai sumber

Comments

Popular posts from this blog

TINGGALKAN SEGALA TRADISI YANG SYIRIK.

PENGALAMAN BERSETUBUH DENGAN JIN

REAKSI MUNTAH DARAH SAAT DIRUQYAH